Resep Sop Ayam Bening Betawi

Jika anda berjalan jalan ke daerah Gang Kancil, Jakarta Pusat, anda akan menemukan kuliner yang sangat nge-top disana yaitu Sop Daging Ayam, Sop Daging Sapi dan Sop Daging Kambing Maharasa. Pengusaha kuliner dengan nama dagang Maharasa ini focus pada olahan sate dan sop daging ayam, sop daging sapi dan sop daging kambing. Haji Enjo, sudah berdagang sop disana sudah lebih dari 40 tahun. Dari mulai dipikul sampai sekarang memiliki lebih dari 10 lapak Sop Daging di bilangan Jakarta Pusat. Penulis akan mengupas cara pembuatan Resep Sop Ayam Bening Betawi. Penulis mendapatkan resepnya langsung dari salah satu koki nya. Untuk Resep Sop Daging Kambing dan Resep Sop Daging Sapi, penulis akan menuliskan secara terpisah.
Dimanakah gang Kancil berada ???
Jika anda suka jalan jalan ke kota, tidak jauh dari Resto Bakmi GM yang pertama, di sanalah lokasi gang Kancil berada. Sop Maharasa buka dari pagi jam 10 sampai jam 10 malam.

Resep Sop Ayam Bening Betawi

Resep Sop Ayam Bening Betawi

Untuk Resep Sop Ayam Bening Betawi Penggunaan daging ayam kampung akan lebih baik dari pada ayam broiler. Rasanya lebih gurih dan lezat. Tapi jika tidak ada, daging broiler pun bisa di gunakan
Kandungan Nutrisi
Terdapat 81 kalori dalam Sayap Ayam (1 kecil) Rincian Kalori: 62% lemak, 0% karb, 38% prot.
PorsiPersiapan Lama Masak Kalori
8 Porsi 15 Menit 40 Menit 250 Calories
Bahan Resep Sop Ayam Bening Betawi
  • 8 potong daging ayam broiler. Pilihlah dari ukuran ayam 800 gram atau 1 kilo karena rasa ayam yang gurih dan dagingnya empuk.
  • 4 buah Wortel
  • 4 buah Kentang
  • 4 lembar Daun Bawang
  • 1 sachet Penyedap Rasa Royco Rasa Ayam
  • ¼ sdm Micin
  • 1 sdm Merica
  • ½ sdm garam
  • Bawang Goreng secukup nya
  • Emping Goreng secukup nya
  • 4 buah Tomat
  • 2 ltr air
Bahan Yang Dihaluskan
  • ½ ons Kemiri
  • ¼ ons bawang putih
  • 3 cm jahe
  • Setelah dihaluskan, taruh hasil ulekan ini di piring atau mangkuk kecil
Cara Membuat
  1. Siapkan panci untuk ukuran 5 liter air, isi panci tersebut dengan 2 liter air. Masak air tersebut sampai mendidih
  2. Setelah air mendidih, masukkan daging ayam dan rebus daging ayam tersebut dengan api kecil. Rebuslah daging selama 30 menit.
  3. Potong dadu rebusan kentang dan wortel. Masukkan ke dalam rebusan daging ayam
  4. Setelah 30 menit, kaldu ayam sudah terbentuk. Kemudian masukkan Royco rasa ayam 1 sachet. Aduk rata. Tetaplah dengan penggunaan api kecil saja.
  5. Tumis 2 sdm ulekan kemiri, bawang putih dan jahe tadi. Jika sudah wangi harum, masukkan tumisan tersebut ke dalam air rebusan daging ayam tersebut. Biarkan selama 3 menit.
  6. Masukkan merica 1sdm, mecin ¼ sdm dan garam ½ sdm ke dalam rebusan daging ayam. Aduk rata dan rasakan kuah kaldu nya. Jika rasa sudah pas dan daging ayam empuk, angkat dan tiriskan. Jangan biarkan daging di dalam air rebusan. Jika ingin tidak cepat basi dan lebih enak, daging ayam bisa ditaruh di kulkas asal tidak lebih dari 2 hari.
  7. Siapkan panci untuk ukuran 5 liter air, isi panci tersebut dengan 2 liter air. Masak air tersebut sampai mendidih
  8. Setelah air mendidih, masukkan daging ayam dan rebus daging ayam tersebut dengan api kecil. Rebuslah daging selama 30 menit.
  9. Potong dadu rebusan kentang dan wortel. Masukkan ke dalam rebusan daging ayam
  10. Setelah 30 menit, kaldu ayam sudah terbentuk. Kemudian masukkan Royco rasa ayam 1 sachet. Aduk rata. Tetaplah dengan penggunaan api kecil saja.
  11. Tumis 2 sdm ulekan kemiri, bawang putih dan jahe tadi. Jika sudah wangi harum, masukkan tumisan tersebut ke dalam air rebusan daging ayam tersebut. Biarkan selama 3 menit.
  12. Masukkan merica 1sdm, mecin ¼ sdm dan garam ½ sdm ke dalam rebusan daging ayam. Aduk rata dan rasakan kuah kaldu nya. Jika rasa sudah pas dan daging ayam empuk, angkat dan tiriskan. Jangan biarkan daging di dalam air rebusan. Jika ingin tidak cepat basi dan lebih enak, daging ayam bisa ditaruh di kulkas asal tidak lebih dari 2 hari.
Cara Penyajian
  1. Siapkan mangkuk
  2. Berikan micin 1/5 sdt garam,1/5 sdt garam sdt dan ¼ sdt merica bubuk.
  3. Ambillah daging ayam dari kulkas dan potonglah kira kira sekitar 100 gram. Daging ayam di rebus sebentar selama 3 menit supaya hangat dan lebih empuk.
  4. Iris 1 buah tomat sebesar dadu. Iris daun bawang secukupnya dan masukkan pada mangkuk.
  5. Masukkan bawang goreng dan irisan daun bawang. Berikan bawang goreng sebagai penyedap. Sajikan emping dan nasi secara terpisah.
  6. Siapkan juga sambal hijau dan potongan jeruk limau untuk selera pelanggan.
  7. Masakan siap untuk disajikan.

Pilihkan daging ayam yang masih segar. Sangat baik jika daging ayam di peroleh langsung dari tempat pemotongan. Daging segar akan berwarna merah muda dan tidak berbau. Jangan memilih daging yang sudah berwarna agak ke abu abuan dan sudah agak berbau.

Penggunaan daging ayam kampung akan lebih baik dari pada ayam broiler. Rasanya lebih gurih dan lezat. Tapi jika tidak ada, daging broiler pun jadi.

Informasi Harga
Harga 1 porsi Sop Ayam Bening Betawi ini berkisar
Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-
Sudah berikut satu piring nasi dan emping.

Anda juga disarankan untuk melihat Resep Sop Paha Sayap Ayam

RELATED ARTICLES
Momy Dyandra

Halo, nama saya Momy Dyandra. Hobi saya adalah makan, memasak dan mencicipi kuliner di berbagai daerah yang saya kunjungi. Saya ingin membagikan pengalaman saya dan resep masakan yang saya dapatkan dengan anda semua, penghobi masakan kuliner Nusantara.

LEAVE A COMMENT