Resep Sambel Terasi Mentah Dengan Tomat

Pasti kita semua sudah pernah mencicipi sambel terasi. Di semua daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, sambel terasi sangatlah popular. Hampir di setiap acara makan makan, sambel terasi ini harus ada. Hukumnya wajib harus ada, jika tidak banyak tamu yang pasti menanyakan.  Pada saat penulis jalan-jalan ke daerah Kuningan, penulis mampir ke salah satu rumah makan yang terkenal di daerah Cipondok. Rumah makan tersebut sangat ramai, buka dari pagi jam 10 dan tutup pada sore hari jam 4.  Penulis sangat penasaran apa yang membuat rumah makan tersebut menjadi ramai. Teman yang bersama penulis mengatakan menu andalan rumah makan tersebut adalah ayam goreng dan sambel terasi mentah dengan tomat. Segera saja penulis memesan menu tersebut dan alamak….memang benar, rasa sambal terasi nya nendang dan bikin nagih. Nasi sebakul rasanya tidak cukup untuk berdua.  Penulis mendapatkan resep sambel terasi rumah makan tersebut yang dibagi langsung oleh pemiliknya….hmm, baik hati sekali.

Resep Sambel Terasi Mentah Dengan Tomat

Resep Sambel Terasi Mentah Dengan Tomat

Pasti kita semua sudah pernah mencicipi sambel terasi Mentah Dengan Tomat. Di semua daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, sambel terasi sangatlah popular. Hampir di setiap acara makan makan, sambel terasi ini harus ada. Hukumnya wajib harus ada, jika tidak banyak tamu yang pasti menanyakan.
Kandungan Nutrisi
Kolesterol 0 mg, Natrium 9 mg, Kalium 322 mg, Jumlah Karbohidrat 9 g
PorsiPersiapan Lama Masak Kalori
4 Porsi 10 Menit 10 Menit 39 Calories
Bahan Bumbu
  • 8 buah Cabe Merah
  • 4 buah Cabe Rawit
  • 1 potong Terasi
  • ½ sdt Garam
  • ½ sdm Gula Merah
  • 2 buah Tomat sayur
  • 5 siung Bawang Merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • ½ potong jeruk nipis
Cara Membuat
  1. Pangganglah terasi terlebih dahulu. Cukup sampai terasi berbau harum setelah itu sisihkan.
  2. Rebuslah bumbu yang lain; cabe merah, cabe rawit, tomat sayur, bawang merah dan bawang putih.
  3. Siapkan coet dan ulekan.
  4. Ulek dan haluskan cabe merah, cabe rawit, tomat sayur, bawang merah dan bawang putih.
  5. Masukkan garam dan gula merah. Ulek sampai rata.
  6. Rasakan terlebih dahulu, jika sudah pas, berikan sedikit perasan jeruk nipis. Ulek sedikit.

Rasa sambel terasi sangat ditentukan dari kualitas terasi nya. Terasi yang baik dari penampakannya berwarna cerah agak kemerahan. Ini menandakan kandungan rebon atau udahnya cukup tinggi. Dari sisi bau, terasi yang baik baunya lebih menyengat. Anda tidak cukup hanya sekali saja mencuci tangan setelah selesai makan dengan sambel terasi, perlu 1 hari agar bau tersebut benar benar hilang dari tangan.

Dimana mencari terasi berkualitas??? Sayangnya terasi yang baik tidak dijual di supermarket. Pergilah anda ke pasar tradisional. Biasanya kemasannya masih berupa dalam plastic atau menggunakan kertas kopi. Mintalah penjual untuk membuka kemasan sehingga anda bisa melihat warna terasi dan mencium baunya.

Tips
Bumbu haruslah direbus, jangan digoreng. Menurut pemilik rumah makan, dengan direbus, rasa bumbu akan lebih terasa dibanding dengan cara digoreng. Juga paling tidak potensi bakteri pada bahan bahan tersebut akan mati pada saat proses merebus.

Tips
Penggunaan jeruk nipis sebenarnya terserah anda. Jika tidak suka rasa asam, jeruk nipis tidak perlu digunakan.

Tips
Lebih baik menggunakan tomat sayur dibanding dengan tomat buah untuk ulekan sambel. Tomat sayur mengandung air lebih sedikit dibanding tomat sayur. Jika menggunakan tomat sayur, sambal tidak akan cepat berair dan tidak akan cepat masam. Jika sambal tidak habis, bisa ditaruh di kulkas untuk dipakai di menu masakan lain seperti nasi goreng sambal terasi.

Tips
Informasi Harga
Sayangnya sambel terasi ini tidak dijual terpisah di rumah makan Cipondok. Sambal terasi ini satu paket dengan ayam goreng atau ayam bakarnya. Harga satu porsi ayam bakar cipondok adalah Rp. 20.000,- sudah berikut lalapan dan teh panas tawar.

Anda juga disarankan untuk melihat Resep Sambal Wijen Khas Lamongan

RELATED ARTICLES
Momy Dyandra

Halo, nama saya Momy Dyandra. Hobi saya adalah makan, memasak dan mencicipi kuliner di berbagai daerah yang saya kunjungi. Saya ingin membagikan pengalaman saya dan resep masakan yang saya dapatkan dengan anda semua, penghobi masakan kuliner Nusantara.

LEAVE A COMMENT