Resep Ayam Pop Padang Asli

Begitu mendengar Resep Ayam Pop Khas Padang, apa yang ada di benak kita ??? ah ya, pasti rumah makan Padang.  Menu Ayam Pop ini selalu ada di sediakan di setiap rumah makan Padang, dari kelas pinggir jalan sampai kelas bintang macam RM. Padang Pagi Sore atau RM Padang Sederhana.  Jadi buat anda yang ingin makan masakan ayam pop ini, tinggal cari rumah makan Padag terdekat. Dan hebatnya orang Padang selalu ada di belahan manapun di Nusantara ini. Jadi selamatlah kita para pecinta makanan enak, hahaha. Ada beberapa varian masakan ayam pop, tetapi semuanya berasal dari Sumatera Barat. Tidak ada ayam pop dari luar daerah ini.  Kali ini penulis memberikan resep sederhana cara pembuatan Resep Ayam Pop Khas Padang Asli. Penulis mendapatkannya dari seorang kawan asli Padang Bukit Tinggi.

Kenapa disebut Ayam Pop?? Padahal cara pembuatannya itu digoreng. Ternyata ada cerita dibalik nama ini. Awal pertama kali Ayam Pop ini adalah di jual di restaurant Family Benteng Indah di daerah Bukit Tinggi.  Awalnya namanya adalah ayam rebus goreng . Warnanya putih seperti ayam rebus Hainan. Penjualan ayam pop ini sangat laris dan menjadi sangat popular disana. Maka untuk menyingkat, pemilik restaurant memberikan nama Ayam Pop pada olahan ini. Semenjak itu olahan ini seakan menjadi masakan wajib di seluruh rumah makan Padang. Saat ini Restaurant Family Benteng Indah masih beroperasi dan mampu menjual 1000 potong ayam pop setiap harinya. Luar biasa bukan ? bravo!!!

Resep Ayam Pop Padang Asli

Resep Ayam Pop Padang Asli

Menu Ayam Pop ini selalu ada di sediakan di setiap rumah makan Padang, dari kelas pinggir jalan sampai kelas bintang macam RM. Padang Pagi Sore atau RM Padang Sederhana. Jadi buat anda yang ingin makan masakan ayam pop ini, tinggal cari rumah makan Padag terdekat. Dan hebatnya orang Padang selalu ada di belahan manapun di Nusantara ini
Kandungan Nutrisi
Daging ayam sangat sehat dikonsumsi karena sumber mineral kalsium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium dan zinc.
PorsiPersiapan Lama Masak Kalori
4 Porsi 15 Menit 30 Menit 225 Calories
Bahan Masakan
  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  • 1 liter air kelapa muda
  • 1/s sdt cuka masak
Bumbu Yang Dihaluskan
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • ΒΌ sdt merica butir
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
Cara Membuat
  1. Potong ayam menjadi 4 bagian. Singkirkan lemak dan kulitnya. Sisihkan.
  2. Didihkan air kelapa muda bersama cuka dan bumbu yang dihaluskan
  3. Masukkan ayam, masak ayam sampai daging ayam empuk dan air kelapa habis. Jika belum empuk juga tambahkan air kelapa. Angkat dan dinginkan sampai tidak ada air rebusan yang menetes.
  4. Goreng ayam dalam minyak panas sebentar saja. Angkat dan tiriskan.

Mengolah Daging Ayam Kampung Setelah Disembelih
Setelah ayam disembelih, rendam dengan air mendidih selama 3 menit baru kemudian bulu-bulu di cabuti.
Jika bulu susah untuk dicabutdengan tangan, gunakan pinset untuk mencabut.
Rendam potongan daging ayam dengan larutan air jeruk nipis atau cuka untuk mengurangi lemak dan aromanya.
Jika aroma daging ayam masih terlalu kuat, lumuri potongan daging dengan asam jawa selama 1 jam untuk menghilangkan aromanya.
Buang kelenjar minyak yang terletak di bagian ekor/brutu ayam. Kelenjar inilah yang menghasilkan banyak minyak dan mengeluarkan aroma khas daging ayam.

Tips
Jika anda tidak suka rasa ayam terlalu gurih, anda tidak perlu menggunakan air kelapa muda. Cukup air biasa saja. Takaran masih sama, yaitu 1 liter untuk 1 ekor ayam kampung.

Tips
Jika anda memilih untuk menggunakan air kelapa, harus menggunakan air kelapa muda. Jangan yang masih cengkir atau sudah tua. Air kelapa cengkir akan terasa asam dan air kelapa tua akan sedikit terasa langu untuk olahan Resep Ayam Pop ini.

Tips
Umumnya di setiap rumah makan padang, satu porsi Ayam Pop berkisar antara Rp. 15.000,- sampai Rp. 18.000,- sudah berikut sambal hijau, lalapan singkong dan satu piring nasi.

RELATED ARTICLES
Momy Dyandra

Halo, nama saya Momy Dyandra. Hobi saya adalah makan, memasak dan mencicipi kuliner di berbagai daerah yang saya kunjungi. Saya ingin membagikan pengalaman saya dan resep masakan yang saya dapatkan dengan anda semua, penghobi masakan kuliner Nusantara.

LEAVE A COMMENT